SYARIFUDIN_2.2.a.6_Unggah Hasil Demonstrasi Konstektual - Modul 2.2..AYO NGE- BLOG !

 

2.2.a.6

Demonstrasi Kontekstual

"RPP Berdiferensiasi + KSE"

Modul 2.2

Oleh : SYARIFUDIN (CGP Angkatan 8 (HSU)
Fasilitator : Ibu Yuya YuliantiPengajar Praktik : Ibu Rahmah

16 Agustus 2023
                         





2.2.a.6 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL 

Tugas 4.1:  Membuat Rencana Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi Murid di Kelas .

Langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Tentukan minimal 2 kompetensi sosial dan emosional (KSE) yang akan Anda implementasikan. Berikan alasan pemilihan KSE tersebut. 
  2. Pilih 1 RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) atau RPL (Rancangan Pelaksanaan Layanan) yang sudah ada dan pilihlah 2 KSE untuk diimplementasikan dalam pembelajaran tersebut. 
  3. Anda dapat mengacu pada RPP yang dijelaskan dalam bagian D.1 dan D.2 dalam Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional pada tahap Eksplorasi Konsep. 
  4. Sesuaikan tuntutan dan instruksi pembelajaran dengan konteks kelas Anda. 
  5. Unggah RPP/RPL tersebut pada tautan yang diberikan.

 

 

Saya membuat Rencana Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi + PSE bagi Murid di kelas  VI SD Negeri Murung Padang Kecamatan Banjang Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan dengan memuat 4 Kompetensi Sosial Emosional :

1.     Kesadaran Diri

2.     Manajemen Diri

3.     Kesadaran Sosial

4.     Keterampilan Berelasi

5.     Pengambilan Keputusan yang Bertanggungjawab

Saya memuat keempat KSE tersebut karena menurut saya sudah cukup untuk membantu memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan kepada murid untuk mengelola emosi (kesadaran diri) menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri) merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial ) dan begaimana cara beinteraksi yang baik dan efektif dengan orang lain.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD Negeri  Murung Padang

Kelas / Semester        VI /1

Pelajaran                    :  Matematika

Topik Materi               :  Sifat-sifat Bangun Ruang Tabung

Alokasi waktu             :  1 Hari

 

A.    KOMPETENSI INTI

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri

dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Matematika

Kompetensi Dasar

Indikator

3.6 Membandingkan prisma, tabung,

limas, kerucut, dan bola.  

3.6.3 Memahami bangun ruang yang berkaitan dengan tabung

4.6  Mengidentifikasi prisma, tabung,

limas, kerucut, dan bola

4.6.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tabung

 

C.    TUJUAN

1.     Murid mampu menjelaskan dan mengidentifikasi luas permukaan tabung melalui kegiatan pengamatan gambar, video, dan benda yang ada dilingkungan sekitar

2.     Murid mampu memahami dan luas permukaan tabung melalui tutor sebaya

3.     Murid mampu menghitung/ mencari luas permukaan tabung melalui penugasan mandiri

4.     Murid mampu menyelesaikan masalah tabung dalam kehidupan sehari-hari.

5.     Murid mampu membuat karya tentang luas permukaan tabung

 

D.   MATERI

  1. Tabung

 

E.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan           : Scientific

Strategi                 : Cooperative Learning

Teknik                   : Example Non Example

Metode                  : Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

 

F.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan

(10 menit)

Guru :

Orientasi

-        Murid dan guru mengucapkan salam dan saling menyapa dengan menanyakan kabar.

-        Murid melakukan presensi (Disiplin)

-        Murid berdoa bersama dipimpin oleh salah satu murid sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati (Religius)

-        Murid menyanyikan lagu “Syukur” dan mendengarkan menjelaskan guru tentang pentingnya menanamkan rasa Nasionalisme. (Nasionalisme)

-        Murid bersama guru melakukan ice breaking

-        Murid mendengarkan guru menjelaskan tentang materi sebelumnya

-        Murid mengamati contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan tabung salah satunya kaleng biskuit

-        Murid menjawab pertanyaan pematik dari guru (Literasi)

-        Murid menyimak tentang kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar yang akan dicapai.

-        Sebelum melanjutkan pembelajaran, guru mengajak siswa untuk duduk diam sejenak, bernafas dengan kesadaran penuh (Mindfullnes) dengan melakukan teknik STOP, agar siswa merasa rileks dan semangat mengikuti pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a)     Anak-anak berhenti sejenak dari kegiatan yang kalian lakukan. Sekarang cobalah untuk duduk rileks tanpa menyandar kursi, badan ditegakkan, ushakan bahu kiri sejajar dengan bahu kanan, telapak tangan diletakkan di paha dengan punggung tangan menghadap ke atas.

b)     Jika sudah merasa nyaman, silahkan menghirup udara dari hidung, rasakan udara yang masuk kemudian buang udara secara perlahan lewat mulut, rasakan udara hangat yang keluar dari hidung

c)     Sekarang rasakan ketika menghirup udara, perut mengempis, dan rasakan perut mengembang ketika membuang nafas.

d)     Lakukan berulang 3-5x sampai merasa segar kembali (KSE 1. Kesadaran Diri)

e)     Diberikan 4 gambar emosi (senang, marah, kecewa dan sedih) siswa menggambarkan salah satu gambar emosi tersebut, kemudian guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang perasaannya.

f)      Guru mengajak siswa untuk menentukan pilihan yang harus dilakukan ketika mengalami perasaan tersebut agar dapat fokus kembali. (KSE. 2 Manajemen Diri)

g)     Guru meminta siswa untuk memberikan opini berupa solusi yang dapat dilakukan jika temannya mengalami salah satu emosi pada gambar (KSE. 3 Kesadaran Sosial)

h)     Anak-anak setelah melakukan tehnik Mindfullnes tadi tubuh dan pikiran kita kembali segar, mari kita lanjutkan aktifitas pembelajaran hari ini.

 

Inti (80 menit)

Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning). Dalam mengaplikasikan metode tersebut guru berperan sebagai pembimbing dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara aktif.

Mengamati

  1. Murid mengamati benda sekitar, mengamati video dan poster/gambar tentang tabung. (pemenuhan kebutuhan belajar kesiapan belajar dengan diferensiasi konten)

Menanya

  1. Murid dan guru melakukan tanya jawab tentang tabung
  2. Murid menanyakan penjelasan guru yang belum dipahami tentang bangun ruang tabung
  3. Murid mendengarkan penjelasan dari guru

Menalar

  1. Murid membentuk kelompok sesuai dengan kelompok yang sudah ditentukan dimana setiap kelompok diwakili murid yang memiliki pemahaman yang baik sebagai tutor sebaya. (pemenuhan kebutuhan belajar aspek profil belajar dengan diferensiasi proses)
  2. Murid diajarkan bagaimana cara mengelola pembagian tugas dan peran dalam kelompok serta begaimana cara mengutarakan pendapat dengan tetap saling menghargai satu sama lain. (KSE.4 Keterampilan Berelasi)
  3. Setiap kelompok berdiskusi untuk mengidentifikasi tabung. (Critical Thinking and Problem Formulation)
  4. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
  5. Kelompok lainnya memberikan umpan balik.
  6. Murid diberikan penguatan dengan mendapatkan jawaban yang sebenarnya.

Mencoba

  1. Murid mengerjakan soal latihan tentang Bangun Ruang Tabung secara mandiri sesuai dengan gaya belajar yang telah diidentifikasi pada kegiatan sebelumnya, penilaian dengan strategi assessment as learning. (Mandiri, Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Murid yang selesai lebih dulu mengerjakan dapat diberikan penguatan oleh guru.
  3. Murid mendapatkan kesempatan bertanya apabila ada yang masih bingung dan kurang mengerti terkait materi.
  4. Murid mendapatkan tugas secara mandiri untuk membuat karya tentang tabung dalam bentuk gambar, video atau prakarya dari kertas bentuk tabung. (pemenuhan kebutuhan belajar aspek profil belajar dengan diferensiasi produk)
  5. Karya dikumpulkan pada pertemuan berikutnya untuk diambil penilaian dengan strategi assessment as learning.

Penutup

(15 menit)

  1. Murid bersama guru membuat kesimpulan tentang pelajaran hari ini serta memberi penguatan (KSE. 1 Kesadaran Diri)
  2. Murid Bersama guru melakukan refleksi kesimpulan kegiatan pembelajaran hari ini dengan mengajak memeriksa perasaan dirinya dengan menyediakan potongan kertas warna, menampilkan gambar “ Roda Emosi Plutcik” dan menuliskan perasaan yang dialami setelah kegiatan pembelajaran selesai dengan langkah sebagai berikut:

Tuliskan perasaan sekarang selama mengikuti pembelajaran hari ini pada kertas warna yang telah disediakan sesuai perasaan

Misalnya:

    1. Apa yang telah dipelajari hari ini?
    2. Apa yang paling kalian sukai dari kegiatan pada hari ini?
    3. Apa yang belum kalian pahami pada pelajaran hari ini?

             (KSE.1 Kesadaran Diri)

  1. Murid Bersama guru menyanyikan lagu daerah “Ampar-ampar pisang”
  2. Murid diberikan apresiasi oleh guru atas semua usaha sepanjang mempelajari materi ini.
  3. Untuk mengakhiri pembelajaran guru meminta salah satu murid memimpin do’a.

 

 

G.   MEDIA PEMBELAJARAN

Pada pertemuan ini, guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa bangun ruang tabung dan  ystem -jaring tabung, benda-benda disekitar, video ataupun gambar dalam mempelajari materi tentang “Luas Permukaan Tabung”. 

 

 

H.   SUMBER BELAJAR

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang mendukung terjadinya proses belajar, termasuk  bahan pembelajaran dan lingkungan. Untuk mendukung proses pembelajaran tentang “Luas Permukaan Tabung”, guru dapat menggunakan sumber belajar sebagai berikut. 

1). Buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas VI penerbit Puskurbuk Kemendikbud. 

2). Kamus Matematika yang relevan. 

3). Ensiklopedia Matematika yang relevan. 

4). Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.

 

I.    PENILAIAN

Untuk mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik, diperlukan adanya penilaian. Instrumen penilaian yang digunakan pada pertemuan ini sebagai berikut. 




































Komentar

Postingan populer dari blog ini

SYARIFUDIN_Tugas Mandiri_Eksplorasi Konsep Step 15_..AYO NGE- BLOG !

3.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 3.1_PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN_