2.2.a.6
Demonstrasi Kontekstual
"RPP Berdiferensiasi + KSE"
Modul 2.2
2.2.a.6 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
Tugas
4.1: Membuat Rencana Implementasi Pembelajaran Sosial dan
Emosional bagi Murid di Kelas .
Langkah-langkah
yang dapat Anda ikuti:
- Tentukan
minimal 2 kompetensi sosial dan emosional (KSE) yang akan Anda
implementasikan. Berikan alasan pemilihan KSE tersebut.
- Pilih 1
RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) atau RPL (Rancangan Pelaksanaan
Layanan) yang sudah ada dan pilihlah 2 KSE untuk diimplementasikan dalam
pembelajaran tersebut.
- Anda dapat
mengacu pada RPP yang dijelaskan dalam bagian D.1 dan D.2 dalam
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional pada tahap Eksplorasi
Konsep.
- Sesuaikan
tuntutan dan instruksi pembelajaran dengan konteks kelas Anda.
- Unggah
RPP/RPL tersebut pada tautan yang diberikan.
Saya membuat Rencana Implementasi
Pembelajaran Berdiferensiasi + PSE bagi Murid di kelas VI SD Negeri Murung Padang Kecamatan Banjang
Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan dengan memuat 4
Kompetensi Sosial Emosional :
1.
Kesadaran Diri
2.
Manajemen Diri
3.
Kesadaran Sosial
4.
Keterampilan Berelasi
5. Pengambilan Keputusan yang
Bertanggungjawab
Saya memuat keempat KSE tersebut karena menurut saya sudah cukup untuk membantu
memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan kepada murid untuk mengelola
emosi (kesadaran diri) menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan
diri) merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial )
dan begaimana cara beinteraksi yang baik dan efektif dengan orang lain.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD Negeri Murung Padang
Kelas / Semester :
VI /1
Pelajaran : Matematika
Topik Materi : Sifat-sifat Bangun Ruang Tabung
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri
dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar |
Indikator |
3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola. |
3.6.3 Memahami bangun ruang yang berkaitan dengan tabung |
4.6
Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola |
4.6.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan tabung |
C. TUJUAN
1.
Murid
mampu menjelaskan dan mengidentifikasi luas permukaan tabung melalui kegiatan
pengamatan gambar, video, dan benda yang ada dilingkungan sekitar
2.
Murid
mampu memahami dan luas permukaan tabung melalui tutor sebaya
3.
Murid
mampu menghitung/ mencari luas permukaan tabung melalui penugasan mandiri
4.
Murid
mampu menyelesaikan masalah tabung dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Murid
mampu membuat karya tentang luas permukaan tabung
D. MATERI
- Tabung
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Pengamatan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan (10 menit) |
Guru : Orientasi -
Murid dan guru mengucapkan
salam dan saling menyapa dengan menanyakan kabar. -
Murid melakukan presensi (Disiplin) -
Murid berdoa bersama dipimpin oleh salah satu
murid
sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati (Religius) -
Murid menyanyikan lagu
“Syukur” dan mendengarkan menjelaskan guru tentang pentingnya menanamkan rasa
Nasionalisme. (Nasionalisme) -
Murid bersama guru
melakukan ice breaking -
Murid mendengarkan guru
menjelaskan tentang materi sebelumnya -
Murid mengamati contoh
dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan tabung salah satunya kaleng
biskuit -
Murid menjawab pertanyaan pematik dari guru (Literasi) -
Murid menyimak tentang kegiatan yang akan
dilakukan dan tujuan kegiatan belajar yang akan dicapai. -
Sebelum melanjutkan pembelajaran, guru
mengajak siswa untuk duduk diam sejenak, bernafas dengan kesadaran penuh (Mindfullnes) dengan melakukan
teknik STOP, agar siswa merasa rileks dan semangat mengikuti pembelajaran
dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Anak-anak berhenti
sejenak dari kegiatan yang kalian lakukan. Sekarang cobalah untuk duduk
rileks tanpa menyandar kursi, badan ditegakkan, ushakan bahu kiri sejajar
dengan bahu kanan, telapak tangan diletakkan di paha dengan punggung tangan
menghadap ke atas. b) Jika sudah merasa
nyaman, silahkan menghirup udara dari hidung, rasakan udara yang masuk
kemudian buang udara secara perlahan lewat mulut, rasakan udara hangat yang
keluar dari hidung c) Sekarang
rasakan ketika menghirup udara, perut mengempis, dan rasakan perut mengembang
ketika membuang nafas. d) Lakukan
berulang 3-5x sampai merasa segar kembali (KSE 1. Kesadaran Diri) e) Diberikan
4 gambar emosi (senang, marah, kecewa dan sedih) siswa menggambarkan salah
satu gambar emosi tersebut, kemudian guru meminta siswa untuk mengungkapkan
tentang perasaannya. f) Guru
mengajak siswa untuk menentukan pilihan yang harus dilakukan ketika mengalami
perasaan tersebut agar dapat fokus kembali. (KSE. 2 Manajemen Diri) g) Guru meminta siswa
untuk memberikan opini berupa solusi yang dapat dilakukan jika temannya
mengalami salah satu emosi pada gambar (KSE. 3 Kesadaran Sosial) h) Anak-anak setelah melakukan
tehnik Mindfullnes tadi tubuh dan pikiran kita kembali segar, mari kita
lanjutkan aktifitas pembelajaran hari ini. |
Inti (80 menit) |
Model pembelajaran yang digunakan
adalah model pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning).
Dalam mengaplikasikan metode tersebut guru berperan sebagai pembimbing dengan
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara aktif. Mengamati
Menanya
Menalar
Mencoba
|
Penutup (15 menit) |
Tuliskan
perasaan sekarang selama mengikuti pembelajaran hari ini pada kertas warna
yang telah disediakan sesuai perasaan Misalnya:
(KSE.1 Kesadaran Diri)
|
G. MEDIA PEMBELAJARAN
Pada
pertemuan ini, guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa bangun ruang
tabung dan ystem -jaring tabung,
benda-benda disekitar, video ataupun gambar dalam mempelajari materi tentang
“Luas Permukaan Tabung”.
H. SUMBER BELAJAR
Sumber
belajar adalah segala sesuatu yang mendukung terjadinya proses belajar,
termasuk bahan pembelajaran dan
lingkungan. Untuk mendukung proses pembelajaran tentang “Luas Permukaan
Tabung”, guru dapat menggunakan sumber belajar sebagai berikut.
1). Buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas VI
penerbit Puskurbuk Kemendikbud.
2).
Kamus Matematika yang relevan.
3).
Ensiklopedia Matematika yang relevan.
4).
Benda-benda yang ada di sekitar sekolah.
I. PENILAIAN
Untuk
mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik, diperlukan adanya penilaian.
Instrumen penilaian yang digunakan pada pertemuan ini sebagai berikut.
Komentar