Tabel B.2 b. Kegiatan Kompetensi Sosial Emosional...AYO NGE- BLOG !

 


2.2.a.4

Eksplorasi Konsep

Modul 2.2

Oleh : SYARIFUDIN (CGP Angkatan 8 (HSU)
Fasilitator : Ibu Yuya YuliantiPengajar Praktik : Ibu Rahmah

Agustus 2023
                         

Berdasarkan  pembelajaran  5 Kompetensi Sosial  dan Emosional yang telah Anda baca, pelajari Tabel B.2b. Gambar Kegiatan KSE dan jawablah pertanyaan berikut :

  1. Apa KSE yang dapat diterapkan dalam kegiatan tersebut?  

  2. Bagaimana kegiatan tersebut dapat membantu murid  untuk mengembangkan KSE tersebut?
    (Kolom 2 Baris 1 adalah contoh untuk Anda)

Tabel B.2b. Kegiatan Kompetensi Sosial Emosional

No

Kegiatan

KSE dan Penjelasan

1

Melibatkan murid dalam membuat keyakinan kelas atau peraturan sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman





Kesadaran diri:

Murid  memberikan  nilai yang diyakininya berkaitan dengan lingkungan  kelas dan sekolah

 

Kesadaran sosial:

Murid mempertimbangkan pendapat temannya.

 

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab: Belajar membuat keputusan yang beralasan berdasarkan logika setelah menganalisis informasi

 

 

2

 

Memberikan kesempatan pada murid untuk  membaca buku  pilihannya dalam suasana yang  kondusif

 




 

Kesadaran diri:

Murid  menunjukkan integritas dan kejujuran dalam membaca buku pilihannya

Mengembangkan Minat dan mengidentifikasi kekuatan/aset diri dan budaya dalam  membaca buku dalam suasana yang kondusif

 

Manajemen Diri:

Menunjukkan disiplin dan motivasi diri

 

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab: Berlatih membuat keputusan beralasan/masuk akal, setelah menganalisis informasi, data dan fakta

 

 

 

 

 

 

 

3

Memberikan kesempatan pada murid untuk  merefleksikan proses pembelajaran yang sudah diikuti (Misalnya; apa yang disukai/mudah/menantang/ingin dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya)



Kesadaran diri:

Dapat menghubungkan perasaan, pikiran dan nilai-nilai untuk merefleksikan proses pembelajaran

 

Manajemen Diri:

Mengidentifikasi dan menggunakan strategi-strategi pengelolaan stress

 

Keterampilan Berelasi:

Berkomunikasi dengan efektif

 

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab:

Menunjukkan rasa ingin tahu dan keterbukaan pikiran

 

4

Mengadakan   dialog interaktif tentang bagaimana membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan media sosial



Kesadaran diri:

Memiliki pola pikir bertumbuh dalam membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan media sosial

 

Manajemen Diri:

Menunjukkan disiplin dan motivasi diri dalam penggunaan media sosial secara arif dan bijak

 

Keterampilan Berelasi:

Berkomunikasi dengan efektif dalam penggunaan media sosial

 

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab:

Mengevaluasi dampak/pengaruh dari penggunaan media sosial

 

5

Memberikan fleksibilitas pada murid untuk  mengerjakan tugas yang pilihannya terlebih dahulu



Kesadaran diri:

Mengidentifikasi keuatan/aset diri dan budaya dalam mengerjakan tugas yang telah dipilih

 

Manajemen Diri:

Memperlihatkan keberanian untuk mengambil inisiatif mengerjakan tugas yang dipilih terlebih dahulu

 

Kesadaran Sosial:

Mengakui kemampuan/kekuatan orang lain dalam mengerjakan tugas yang menjadi pilihannya

 

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab:

Mengantisipasi dan mengevaluasi konsekuensi-konsekensi dari tindakannya dalam mengerjakan tugas yang menjadi pilihannya terlebih dahulu

 

6

Memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola sebuah kegiatan (literasi, seni dan olahraga, dll.)



Kesadaran diri:

Memupuk efikasi diri dalam mengelola sebuah tugas/kegiatan, Menunjukkanintegritas dan kejujuran dalam mengelola sebuah kegiatan

 

Manajemen Diri:

Menggunakan keterampilan merancang dan mengorganisir sebuah kegiatan, Merancang tujuan pribadi dan bersama

 

Keterampilan Berelasi:

Berkomunikasi dengan efektif, Mempraktekkan kerjasama tim dan pemecahan masalah secara kolaboratif dalam sebuah kegiatan

 

Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab:

Berlatih membuat keputusan beralasan/masuk akal setelah menganalisis informasi, data dan fakta, serta merefleksikan peran seseorang dalam memperkenalkan kesejahteraan psikologis diri sendiri, keluarga dan komunitas dalam mengelola sebuah kegiatan


Silakan kunjungi Link AnyFlip di bawah :

https://anyflip.com/twewg/hgyj/

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SYARIFUDIN_Tugas Mandiri_Eksplorasi Konsep Step 15_..AYO NGE- BLOG !

3.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 3.1_PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN_