2.2.a.4
Eksplorasi Konsep
Modul 2.2
Berdasarkan pembelajaran 5 Kompetensi
Sosial dan Emosional yang telah Anda baca, pelajari Tabel B.2b. Gambar
Kegiatan KSE dan jawablah pertanyaan berikut :
- Apa KSE yang dapat diterapkan dalam kegiatan tersebut?
- Bagaimana kegiatan tersebut dapat membantu murid untuk
mengembangkan KSE tersebut?
(Kolom 2 Baris 1 adalah contoh untuk Anda)
Tabel B.2b. Kegiatan
Kompetensi Sosial Emosional
No |
Kegiatan |
KSE dan Penjelasan |
|
1 |
Melibatkan murid dalam membuat keyakinan kelas atau
peraturan sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman |
|
Kesadaran diri: Murid memberikan nilai yang diyakininya
berkaitan dengan lingkungan kelas
dan sekolah Kesadaran sosial: Murid mempertimbangkan pendapat
temannya. Pengambilan keputusan yang
bertanggung jawab: Belajar membuat keputusan yang beralasan
berdasarkan logika setelah menganalisis informasi |
2 |
Memberikan
kesempatan pada murid untuk membaca buku pilihannya dalam suasana yang kondusif |
|
Kesadaran diri: Murid menunjukkan
integritas dan kejujuran dalam membaca buku pilihannya Mengembangkan Minat
dan mengidentifikasi kekuatan/aset diri dan budaya dalam membaca buku dalam suasana yang kondusif Manajemen Diri: Menunjukkan
disiplin dan motivasi diri Pengambilan keputusan yang
bertanggung jawab: Berlatih membuat keputusan beralasan/masuk
akal, setelah menganalisis informasi, data dan fakta |
3 |
Memberikan
kesempatan pada murid untuk merefleksikan proses pembelajaran yang sudah diikuti
(Misalnya; apa yang disukai/mudah/menantang/ingin dipelajari lebih lanjut
sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya) |
|
Kesadaran diri: Dapat menghubungkan
perasaan, pikiran dan nilai-nilai untuk merefleksikan proses pembelajaran Manajemen Diri: Mengidentifikasi
dan menggunakan strategi-strategi pengelolaan stress Keterampilan
Berelasi: Berkomunikasi
dengan efektif Pengambilan keputusan yang
bertanggung jawab: Menunjukkan rasa
ingin tahu dan keterbukaan pikiran |
4 |
Mengadakan dialog interaktif tentang
bagaimana membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan media sosial |
|
Kesadaran diri: Memiliki pola pikir
bertumbuh dalam membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan media sosial Manajemen Diri: Menunjukkan
disiplin dan motivasi diri dalam penggunaan media sosial secara arif dan
bijak Keterampilan
Berelasi: Berkomunikasi
dengan efektif dalam penggunaan media sosial Pengambilan keputusan yang
bertanggung jawab: Mengevaluasi dampak/pengaruh
dari penggunaan media sosial |
5 |
Memberikan
fleksibilitas pada murid untuk mengerjakan tugas yang pilihannya terlebih dahulu |
|
Kesadaran diri: Mengidentifikasi
keuatan/aset diri dan budaya dalam mengerjakan tugas yang telah dipilih Manajemen Diri: Memperlihatkan
keberanian untuk mengambil inisiatif mengerjakan tugas yang dipilih terlebih
dahulu Kesadaran Sosial: Mengakui
kemampuan/kekuatan orang lain dalam mengerjakan tugas yang menjadi pilihannya Pengambilan keputusan yang
bertanggung jawab: Mengantisipasi dan
mengevaluasi konsekuensi-konsekensi dari tindakannya dalam mengerjakan tugas
yang menjadi pilihannya terlebih dahulu |
6 |
Memberikan
kesempatan pada murid untuk mengelola sebuah kegiatan (literasi, seni dan
olahraga, dll.) |
|
Kesadaran diri: Memupuk efikasi
diri dalam mengelola sebuah tugas/kegiatan, Menunjukkanintegritas dan
kejujuran dalam mengelola sebuah kegiatan Manajemen Diri: Menggunakan
keterampilan merancang dan mengorganisir sebuah kegiatan, Merancang tujuan
pribadi dan bersama Keterampilan
Berelasi: Berkomunikasi
dengan efektif, Mempraktekkan kerjasama tim dan pemecahan masalah secara
kolaboratif dalam sebuah kegiatan Pengambilan keputusan yang
bertanggung jawab: Berlatih membuat
keputusan beralasan/masuk akal setelah menganalisis informasi, data dan
fakta, serta merefleksikan peran seseorang dalam memperkenalkan kesejahteraan
psikologis diri sendiri, keluarga dan komunitas dalam mengelola sebuah
kegiatan |
Komentar